Selasa, 22 Juli 2014

Lagu Lagu Bahasa Inggris untuk Pembelajaran di Kelas

Berdasarkan pengalaman para guru bahasa Inggris dan menurut para ahli bahasa seperti yang dinyatakan oleh Abdulrahman Al-Faridi lagu-lagu berbahasa Inggris dapat membantu para guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan (Alfaridi, 2006).
Nyanyian dan musik digunakan sebagai teknik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Musik yang memiliki berbagai kandungan elemen di dalamnya dapat dijadikan salah satu bentuk fasilitas untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Tinggi nada memberikan kesempatan kepada anak untuk melatih kepekaan pendengarannya. Perubahan-perubahan ritme atau irama musik melatih anak untuk membedakan irama internal (inner rhythm) serta kemampuan motoriknya (misalnya, jika dikombinasikan dengan latihan gerak sesuai dengan liriknya).
Berikut adalah fungsi dari lagu seperti yang dijelaskan oleh Montolalu et al (2008:3.23) :
1)    Meningkatkan kreatifitas dan daya imajinasi.
Musik berperan sebagai stimulan setiap kali anda memerlukan peningkatan kreatifitas dalam kehidupan anda.
Selain itu, penciptaan musik seperti penulisan sebuah lagu juga secara tidak langsung mengaplikasikan kecerdasan lainnya seperti kecerdasan linguistik, matematis, interpersonal dan intrapersonal.
2)    Meningkatkan kecerdasan
Dengan mendengarkan nyanyian kita bisa meningkatkan kecerdasan dan prestasi anak di sekolah. Musik telah diperlihatkan secara langsung dan konsisten meningkatkan pemikiran matematis, khususnya keterampilan pemikiran abstrak pada anak-anak.
3)    Meningkatkan daya ingat
Menyanyi dapat merangsang pikiran modern dan membantu meningkatkan daya ingat. Nyanyian merupakan salah satu cara penting untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yaitu dengan dipotong menjadi bagian-bagian lebih kecil dan dinyanyikan.
Jadi, mohon maklum nggih pak, bu kalau mungkin kur nyanyian kita dikelas saat pelajaran bahasa Inggris menganggu kelas yang lain, terutama kelas disebelahnya.
Semoga Bapak Ibu guru memahaminya J karena dengan menyanyi, selain suasana kelas menjadi menyenangkan, hal ini juga membantu anak untuk berlatih mendengarkan(listening) dan berbicara(speaking).Dengan bernyanyi,anak akan mudah mengingat kosa kata beserta cara pengucapannya yang benar.
Berikut adalah lagu-lagu Bahasa Inggris yang biasa saya dan murid nyanyikan di kelas
1. Materi kelas 4 “Greeting and parting”
Hello hello hello how are you?
I’m fine I’m fine I’m fine thank you and you?
Dan
Hello hello what’s your name?
What’s your name 2X
Hello hello what’s your name
My name’s ………..(Di isi nama sendiri)
2. Materi kelas 4 “Alphabet”
A         B         C         D         E         F          G
/ei/       /bi:/      /si:/      /di:/      /i:/        /ef/       / dʒi/
H         I           J          K         L          M         N         O         P
/eitʃ/     /ai/       /jei/      /kei/     /el/       /em/     /en/     /əʊ/      /pi:/
Q         R         S         T          U         and     V
/kju:/    /a:/       /es/      /ti:/       /ju:/                  /vi:/
W                    X         Y         Z          you see
/dablju:/          /eks/    /wai/    /zed/
Now I know my A B C
Tell me what you think of me
3. Materi kelas 4 “Color”
Lagu pelangi pelangi di bahasa Inggriskan.
Oh Rainbow Oh Rainbow
Oh rainbow oh rainbow how beautiful you are
Red yellow and green in the blue sky
You painter is so great
Please tell me who he is
Oh rainbow oh rainbow the creation of God
4. Materi kelas 4 “This is a window”
This is a window
This is a window
That is a door
This is a blackboard
That is a floor
5. Materi kelas 4 “My Family“
Nada nya sama seperti lagu satu satu aku sayang ibu, hanya diubah liriknya.
My Family
One and one I love my mother
Two and two I love my father too
Three and three I love brother sister
One and two and three I love my family
6. Materi kelas 4 “Parts of Body”
Iramanya seperti lagu Kalau kau suka hati tepuk tangan.
If You’re Happy
If you’re happy and you know it clap your hand (clap clap)
If you’re happy and you know it clap your hand (clap clap)
If you’re happy and you know it then you really ought to show it
If you’re happy and you know it clap your hand (clap clap)
Clap your hand bisa diganti stomp your feet, say stomach etc.
7. Materi kelas 4 “Home Activities”
Are You Sleeping
Are you sleeping are you sleeping
Brother Jhon brother Jhon
Morning Bells are ringing 2x
Ding dong bell 2x
Liriknya bisa di ubah2. Kadang saya ubah menjadi is he sweeping atau are you cooking, is she studying etc.
8. Materi kelas 4 “Fruits and Vegetables”
Irmanya seperti lagu Disini senang disana senang, hanya saya ubah liriknya.
Fruits
Banana pisang papaya papaya
Orange jeruk watermelon semangka
Pineapple nanas guava jambu
Mango mangga apple itu apel
Syalala lalalala lalalalalalala…….
Vegetables
Potato kentang tomato tomat
Chili cabe cucumber mentimun
Carrot itu wortel spinach bayam
Eggplant terung garlic bawang putih
Syalala lalalala lalalalalalala…….
9. Materi kelas 4 “Calendar”
Iramanya seperti lagu naik naik ke puncak gunung.
Days of the week
Sunday Monday Tuesday Wednesday
Thursday Friday Saturday
10. Materi kelas 5 “Food and Drink”
Iramanya seperti lagu Are You Sleeping.
What’s for breakfast 2X
Rice and Fish 2X
It is very delicious 2X
Yes I know 2x
What’s for dinner 2x
Rice and egg
It is very delicious 2X
I’m happy 2x
11. Materi kelas 5 “ Profession”
Iramanya seperti lagu disini senang disana senang.
Lagu ini dinyanyikan sambil bermain (menjawab soal yang terdapat di kartu)
He is farmer
He is doctor
He is soldier
Oh my friend
I am student
You are teacher
She is singer
Read the Card
She is baker
She is barber
She is butcher
Oh my friend
We are students
You are teacher
He is driver
Read the Card
12. Materi kelas 5 “Weather and Season”
Iramanya seperti lagu westlife “season in the sun”. Tiba – tiba saja kepikiran ngrubah ini lirik disesuaikan dengan materi kelas 5 weather and season.
We have joy we have fun
We have weather in the sky
Sunny windy cloudy
Foggy cold warm and hot
Atau bisa juga lagu ini
Rain Rain Go Away
Rain, rain, go away. Come again another day
Little children want to play so rain, rain go away.
13. Materi kelas 6  “Ownership”
Susah untuk mengubah lirik lagu – lagu yang bisa disesuaikan dengan materi ini.Jadi, saya ambil lagunya westlife yang berjudul I have a dream untuk pembelajaran listening mereka. Saya berpikir lagu ini cukup sederhana , tidak terlalu cepat iramanya, dan ada sebuah pelajaran dalam liriknya. Selain itu ada sebagian kata-katanya yang memang berkaitan dengan tema pelajaran “ownership” ini.
Listen and complete the song (I have a dream by Westlife) with the words in the box.
-my      -see    -sing               -know
-me     -I          -you                -dream
-make -still     -good              -help
I have a dream
I …….. a dream, a song to ……..
To help ……. cope with anything
If ….. see the wonder of a fairy tale
You can …….. the future even if you fail
…… believe in angels
Something …….. in everything I see
I believe in angels
When I ……… the time is right for …..
I’ll cross the stream – I have a dream
I have a …….., a fantasy
To …….. me through reality
And …… destination makes it worth the while
Pushing through the darkness …… another mile
I believe in angels
Something good in everything I ……
I believe in angels
When I know the time is right for me
I’ll cross the stream – I have a dream
I’ll cross the stream – I have a dream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar